Blog Tode Samawa: Sejarah Nama-nama Daerah di Sumbawa

Laman

Friday, December 14, 2012

Sejarah Nama-nama Daerah di Sumbawa

Sumbawanews.com.- Nama-nama Daerah di Sumbawa ini bukan berdasarkan kajian akademis, namun berdasarkan asumsi-asumsi yang berkembang dalam masyarakat. Nama-nama ini bisa muncul karena kedekatan pengertian suku kata, nama lokasi atau karena mitos yang berkembang didaerah tersebut.
Pembaca diharapkan berpartisipasi untuk bisa menginformasikan sejarah nama-nama daerah yang belum di jelaskan, atau bahkan menambahkan penjelasan atas nama-nama yang sudah diberi penjelasan. Bahkan pembaca bisa sekaligus menambahkan nama-nama baru yang belum di munculkan dalan artikel ini.
Usulan pembaca dapat ditulis di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Alas
Alas saat ini masih berstatus kecamatan di Kabupaten Sumbawa, sebutan Alas karena lokasi alas berada di kawasan dataran rendah namun mempunyai tingkat kesuburan yang relatif lebih baik. Saat zaman dulu Alas masih dikelilingi oleh hutan yang lebat. Nama alas diperkirakan mempunyai pengaruh dari bahasa Jawa Kuno, yang indentik dengan hutan.
Badas

Brang Rea
Brang Rea merupakan kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat, Brang Rea artinya sungai yang besar. Daerah dimana brang rea berada memang berada sungai yang besar yang hulunya menuju taliwang
Brang Bara
Terletak di Kota Sumbawa Besar. Brang Bara atau Jelasnya Kali Kandang.......Karena menurut cerita jaman dulu orang-orang membuat Bara(kandang) dipinggir Kali (brang). Maka jadilah sebutan Brang Bara atau juga identik dgn Lawang Galinya Brang Bara yg dalam arti Lawang( Pintu) dan Gali( Intinya Kayu ) Dan juga dulu waktu jaman Kerajaan orang2 yang mau lewat disitu atau m***k ke daerah Brang Bara harus permisi dulu( tabe) karena klo tidak permisi tau sendiri akibatnya
Batu GongBatu gong terletak di Kecamatan badas Kab Sumbawa, dinamakan batu gong karena disalah satu gua terdapat batu yang menyerupai Gong. Batu ini tempat persembahan ritual kepercayaan masyarakat zaman dulu.
Batu Lanteh
Buer

Benete

Empang
Empat saat ini masih berstatus kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Posisi Empang yang berada di sebelah timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Dompu menjadi factor utama daerah tersebut dinamakan Empang.
Saat kerajaan Gowa menguasai Bima, mereka ingin melakukan ekspansi ke Sumbawa, namun kekuatan bala tentara kerajaan Sumbawa cukup kuat. Untuk menghadang kekuatan serangan Kerajaan Bima yang sudah di kuasai Gowa maka di empanglah ( dihadanglah ) tentara tersebut diwilayah perbatasan. Empang dalam bahasa Indonesianya yakni hadang.
Jereweh
Kaduk
Labangka
Lantung
Lape
Lempeh
Terletak di Kabupeten Sumbawa, Lempeh berasal dari kata Lempe artinya selalu penuh. Riwayatnya daerah tersebut sering kebanjiran dan airnya selalu penuh.  Akibat air yang selalu melimpah dan berlebih maka daerah tersebut dinamakan Lempeh

Lenangguar
Lenangguar saat ini berstatus kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Lenangguar berasal dari dua suku kata yakni lenang dan guar. Lenang artinya lapangan dan kata guar berasal dari kata luas/lebar. Lenangguar  artinya lapangan yang luas.
Lopok
Lunyuk
Mapin
Marente
Maronge
Meraran
Moyo
Orong Telu
Orong Telu saat ini berstatus kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Orang telu berasal dari dua kata yakni orong dan telu, orong artinya wilayah persawahan dan telu artinya tiga. Orang telu mengandung arti tiga wilayah persawahan.

Plampang
Terletak diujung Timur Kabupaten Sumbawa Plampang berasal dari 2 kata yaitu PLAM=MANGGA, EMPANG=HADANG.. Untuk menyingkat dan memperindah ejaan kini menjadi PLAMPANG..
Zaman kerajaan dulu (ga tau Zaman Raja siapa).. Ada 2 remaja, mereka berdua terkenal sangat nakal dan suka membuat onar...
Pada suatu hari mereka berdua lagi boring... Lalu (sebut saja si "Pre'" (maaf kalo ada org dgn nama yg sama, saya ga bermaksud menyinggung anda)) mengajak si Sendepenk (nm samaran) pergi ke kebun Pen Robert... Mereka berdua berniat mencuri mangga di kebun itu... Singkat crita, mereka berdua telah berada diatas pohon mangga Pen Robert sambil asik melahap buah mangga dengan rakusnya... Tak disangka dan tak diduga ternyata Pen Robert datang... Lalu Pen Robert melihat mereka berdua... Mengetahui aksinya ketahuan, mereka berdua langsung loncat dari pohon (karena Pen Robert telah menghunuskan parangnya alias berang)... Tapi mereka tidak berhasil meloloskan diri karena telah di hadang(EMPANG) Pen Robert... Lalu Pen Robert membawa mereka ke pihak yang berwajib... Penduduk kampung senang banget mereka berdua tertangkap, karena tidak ada lagi pengacau... Lalu malam berikutnya para penduduk desa mengadakan party 14 hari 14 malam... Untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut orang desa menamakan daerah itu dengan nama PLAMPANG.....
Prek Mayung
Prek Mayung merupakan sebuah dusun di kecamatan Utan, letaknya diantara kecamatan Buer dan Utan. Sebutan Prek Mayung disebabkan dulu daerah tersebut banyak keliaran rusa-rusa liar. Prek Mayung artinya Penisnya menjangan. Karena pemburu suka sekali menangkap rusa didaerah tersebut dan penis rusa menjadi santapan favorit makan wilayah ini dinamakan prek mayung.

Rhee
Rhee saat ini masih berstatus kecamatan di Kabupaten Sumbawa, sebutan rhee diambil sejenis pohon yang ada di hutan setempat.
Samapuin
Terletak di wilayah Kabupaten Sumbawa, disebut Samapuin karena di daerah itu dulu banyak pohon yang sejenis atau sama. Puin artinya pohon.
Samarekat
Samarekat berada diantara kecataman Seteluk dan Alas Barat, samarekat merupakan nama belokan yang ada di bukit-bukit. Samarekat artinya sama-sama sempit, karena kondisi jalan saat dulu memang sempit dan dikiri kanan terdapat jurang. Meskipun kondisi jalan saat ini sudah lebar dan tidak terlihat berbahaya, nama wilayahnya masih samarekat
Seteluk
Disinyalir kata seteluk itu berasal dari kata "sebuah teluk"... Karena disana ada satu teluk indah yang dahulu kala digunakan sebagai terminal penyeberangan menuju lombok, namanya "Sepakek".. (Lokasinya mungkin hanya satu atau dua kilometer dari Labu Tano)
Sebedo

Seloto
Semamung
SEMAMUNG (ibukota kecamatan Moyo Hulu) SE = satu , MAMUNG = Bau = Senasib sepenangungan. tapi ada juga yang mengatakan bahwa nama semamung berasal dari nama tanaman yang banyak sekali terdapat di sekitar desa semamung yaitu tanaman SANG MAMUNG. Tanaman dengan bau yang khas, dan bunga yang cukup indah. saat ini sudah mulai dikembangkan menjadi tanaman hias yang cukup indah.
Semongkat

Sekongkang

Songkar
Songkar diambil dari nama sebuah pohon yang sekarang sudah tidak banyak ditemukan lagi dimanapun..Konon cerita,pohon itu hnaya tingal satu pohon saja di seputaran Olat Cabe..Tapi sampai sekarang orang "Songkar" berusaha mencarinya dan belum ketemu..
Sumbawa
Sumbawa saat ini merupakan Kabupaten, masyarakat lokal menyebutnya samawa. Kata samawa sendiri sebenarnya berasal dari arab yang kerajaan langit. dalam kalimat arabnya “samawatiwal ardy”. Kedekatan etnis samawa dengan Arab sangat kuat, ciri-ciri Arab diwajah orang Sumbawa sangat kental dengan ciri hidung yang mancung.
Sebelum suku dari Makasar ekspansi ke Sumbawa, kedatangan orang Arab telah lebih dulu berada di Sumbawa.
Perubahan dari kata Samawa ke Sumbawa dikarenakan adanya pencampuran etnis pendatangan, sehingga ucapan bergeser dari samawa menjadi sumbawa.
Taliwang
Taliwang merupakan Ibu Kota Kabupaten Sumbawa Barat, Nama Taliwang berasal dari kata tali dan lawang, yang artinya tali dan pintu.
Riwayat lain menyebutkan Taliwang berasal dari dua kata yakni Tali dan Iyang sehingga penyebutan menjadi Taliang. Tali bermakna tali dan iyang bermakna uang, kata taliang mengandung uang yang diikatkan  dengan tali atau disembunyikan. Sikap masyarakat yang sengaja mengikat dan menyembuyikan uang disebabkan dulu daerah ini marak dengan pencurian dan perampokan.

Tanjung MenangisTanjung menangis terdapat di Kabupaten Sumbawa, letaknya mengarah ke pulau moyo, Nama tanjung menangis diambil dari sebuah hikayat setempat yang isinya seorang puteri pernah mengasingkan diri di sebuah tanjung.
Sepeninggal puteri tersebut masyarakat sering mendengar ada suara tangisan, dan daerah tempat tangisan tersebut terdengar di namakan tanjung menangis.
Tano
Tarano

Tepal
Terusa
Unter Iwis
Nama kecamatan di Kabupaten Sumbawa ini di ambil dari dusun Kerato yg dulunya bukit-bukit yg ada di sekitar desa banyak di tumbuhi oleh tanaman sejenis Palm dan seratnya seperti Ijuk yg biasa di buat tali dan sapu...tapi iwis ini berbeda dengan pohon enau ( puin pola bahasa samawa ) .
Untir artinya bukit-bukit, iwis artinya pohon enau kedua kalimat tersebut mengandung arti pohon enau yang ada dibukit-bukit.
Utan
Utan saat ini masih berstatus kecamatan di Kabupaten Sumbawa, sebutan Utan sebenarnya berasal dari kata Hutan, untuk menyingkatkan ucapan maka menjadi Utan. Utan yang bertentangga dengan Alas merupakn satu rangkaian yang dulunya merupakan hutan lebat, untuk membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya maka di sebutlah Utan untuk wilayah Timur dan Alas untuk wilayah Barat

Sumber : http://www.sumbawanews.com/berita/sejarah-nama-nama-daerah-di-sumbawa

1 comment:

  1. kalau asal nama desa batu tering bisa di jelaskan ga pak....

    ReplyDelete