Blog Tode Samawa: Sebuah Catatan History

Laman

Tuesday, December 11, 2012

Sebuah Catatan History


Sebuah History "MUSEUM SUMBAWA"

Museum Dalam Loka Sumbawa
Pelaksanaan pendirian Museum Daerah telah di proses sejak diterbitkan / dikeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Kepala Kepolisian Resort Sumbawa dan Kepala Kantor Depdikbud Kabupaten Sumbawa. Keputusan No. Pol. SKEP/01/II/1990 dan Nomor 35/j/SP/1990, tanggal 12 Februari 1990, ini memuat tentang Kerja Sama Usaha Perlindungan Pengawasan dan Pembinaan Peniggalan Sejarah dan Purbakala yang ada di Kabupaten Sumbawa. Ketika itu, Kapolres Sumbawa adalah bapak Letkol Pol D. Mone dan Kepala Kandep Kabupaten Sumbawa Bapak Marga Muhammad (alm ).
Untuk mempercepat proses SKB tersebut pelaksanaannya diserahkan kepada saudara Dinulah Rayes, Kabid Kebudayaan Kandep Dikbud Kabupaten Sumbawa, dari pihak Kandep Dikbud Kabupaten Sumbawa dan dari pihak Polres Sumbawa dipercayakan pada saudara Drs Syahrul Abbas. Dia kini bertugas di Maber Polri sebagai Kompol Drs Syahrul Abbas SH MAP, bagian opslat Rorenmin Baintelkam Mabes Polri Jakarta.
Hasil dari SKB ini cukup sukses, antara lain pihak Pos Kepolisian Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Tano beberapa kali dapat menggagalkan dan mengamankan penyebrangan benda-benda budaya berupa peti kuno berukir. Benda-benda bersejarah ini dibawa oleh oknum pengusaha/pedagang benda kuno tanpa dilengkapi surat-surat yang sah.
Sejak saat itu, calo-calo benda kuno, tidak kelihatan berkeliaran di Sumbawa. Untuk menunjang usaha penyelamatan dan pelestarian warisan budaya, yang mengandung nilai sejarah cukup potensial di Kabupaten Sumbawa, tak bias lain, dibutuhkan Prasarana dan sarana permuseuman sebagai pusat informasi, pendidikan, penelitian dan rekreasi.
Menyimak dan menghayati  hal ini, Bupati Sumbawa segera menerbitkan dan mengeluarkan SK pembentukan panitia persiapan pendirian Museum Daerah Tingkat II Sumbawa. Surat Keputusan Bupati bernomor  186/432-1-92, tanggal 2 September 1992, itu segera pula ditindaklanjuti dengan menyelenggarakan rapat teknis (rakernis) Panitia Persiapan Pendiri Museum Daerah.
Rekernis ini menghasilkan program kerja panitia Pendiri Museum Daerah, yang mencerminkan upaya penyelamatan, perlindungan, pelestarian, pengkajian, dan pengembangan serta pelayanan informasi  warisan budaya daerah.
Terhadap para pealaksana, khususnya panitia Persiapan Pendiri Museum Daerah, yang diharapkan dedidakasi, loyalitas dan semangat tinggi dalam mengelola program kerja yang telah disepakati. Maksudnya tak lain, agar terwujud sebuah bangunan Gedung Museum Daerah yang representative sesuai harapan dan keinginan bersama.
Untuk mangantisipasi riak budaya sebagai hasil rumusan Rakernas Panitia Persiapan Daerah itu, Bupati menerbitkan Surat Keputusan Pembentukan Museum Daerah nomor  118 Tahun  1994, tertanggal  1 maret 1994.
Museum Daerah yang bersifat umum itu, menempati bangunan/situs  Dalam Loka (semntara) yang berlokasi di Kelurahan Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa . Pimpinan Museum Daerah  (embrio) dipercayakan kepada Dinullah Rayes , mantan kasi Kebudayaan Kandep Dikbud Kabupaten Sumbawa-sesuai SK Bupati Sumbawa No 64 Tahun 1994 tangggal  28 Februari 1994.
Sebagaimana dimaklumi, museum adalah lembaga yang bertugas melestarikan warisan budaya dengan  cara mengumpulkan, merawat, meneliti, memamerkan dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat. Museum terbuka bagi umum,  untuk tujuan studi pendidikan dan  penikmatan benda-benda bukti keberadaan manusia dan lingkungannya.
Inilah rintisan awal pendirian museum daerah (status swasta) yang dikelola Pemda Sumbawa
Sumber : H.Dinullah Rayes (Budayawan Nasional)
          http://www.sumbawakab.go.id

No comments:

Post a Comment